Kembangkan Kearifan Lokal, Kemensos Bantu Kelompok Seni Kuda Kepang

Pemberian bantuan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), kepada Kelompok Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar. (Foto: Pemkab Puworejo)

KALIGINTUNG, Pituruh – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) memberikan bantuan bagi salah satu kelompok seni kuda kepang yang ada di Purworejo. Kelompok kesenian yang mendapat bantuan adalah Kelompok Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar. Bantuan yang diberikan tersebut, bertujuan untuk mengembangkan kearifan lokal yang ada di Purworejo.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, juga turut hadir dalam pemberian bantuan yang dilaksanakan pada Rabu (13/11/2019), di Desa Kaligintung, Kecamatan Pituruh. Ia berharap agar bantuan tersebut dapat mengembangkan seni kuda kepang di Desa Kaligintung.

“Saya berharap dengan bantuan ini dapat mengembangkan serta melestarikan kesenian kuda kepang di Desa Kaligintung ini,” ujar Yuli dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Wabup juga menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Purworejo terus berupaya untuk membentuk kerja sama dengan pemerintah pusat, guna mendapatkan bantuan bagi desa. Nantinya, bantuan-bantuan itu digunakan Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk kemajuan desa.

“Selain bantuan dalam bentuk pembangunan fisik bagi desa, juga terdapat bantuan bagi kearifan lokal atau pengembangan kesenian lokal. Seperti halnya bantuan untuk Kelompok Kesenian Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar ini,” tambahnya.

Potensi Kesenian

Dilansir dari laman resmi Pemkab Purworejo, kesenian merupakan potensi yang perlu diasah untuk dapat menarik wisatawan berkunjung ke Purworejo. Hal ini juga sejalan dengan program Romansa wisata Purworejo 2020 atau tahun kunjungan wisata di Kabupaten Purworejo. Dimana ajang pentas kesenian kuda kepang bisa menjadi salah satu media untuk menarik simpati wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah.

Wabup juga menghimbau para pelaku seni untuk lebih kreatif dalam mengemas kesenian ini. Serta lebih gencar dalam mempromosikannya, misal lewat berbagai media sosial dan lainnya. Karena kekuatan media sosial saat ini sangat besar.

“Terpenting adalah dukungan dari masyarakat sendiri, supaya kesenian kita ini bisa lebih dikenal masyarakat luas”, tegas Wabup.

Semantara itu, Ketua Kelompok Kesenian Kuda Kepang Sri Lestari Maju Lancar, Suratman, mengatakan akan memanfaatkan bantuan semaksimal mungkin.

“Semoga dengan bantuan ini, kelompok kami bisa nguri-uri budaya serta dapat menghibur masyarakat luas, juga bisa meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku seni”, ujar Suratman.

Add Comment