Pelatihan Manajemen Wisata Guna Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata Purworejo

Pelatihan manajemen wisata bagi para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), di kawasan Wisata Curug Kaliurip Kecamatan Kemiri, pada (14/11/2019). (Foto: Pemkab Puworejo)

Kemiri – Pelatihan manajemen wisata bagi para anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), diadakan di kawasan Wisata Curug Kaliurip Kecamatan Kemiri, pada (14/11/2019). Pada pelatihan itu, Wakil Bupati Yuli Hastuti, menekankan agar pariwisata di Purworejo harus menarik.

Wabup juga menyampaikan, salah satu keberhasilan pengelolaan wisata dapat dilihat dengan peningkatan jumlah pengunjung. Usahakan, wisatawan berkesan dan terkenang pada kunjungan di obyek wisata yang dikelola.

Ia menerangkan, destinasi pariwisata harus dapat memberikan kenangan indah bagi wisatawan sehingga mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas. Melalui hal tersebut, wisatawan akan semakin ramai dan terdorong untuk mengunjungi objek wisata tersebut di lain hari.

“Dengan demikian jika objek wisata terkelola dengan menarik maka wisatawan akan ramai dan akan kembali berkunjung,” ujar Wabup dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Peran Pokdarwis

Yuli juga menjelaskan, Pokdarwis sangat berperan dalam keberhasilan wisata. Dari mulai memperkenalkan, melestarikan, dan memanfaatkan pontensi wisata. Juga perlunya meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta menjalin kerjasama dengan organisasi lain.

Maka ia berharap, ilmu dan materi yang diperoleh para peserta pada pelatihan manajemen ini, harus diterapkan di obyek wisata masing-masing. “Sehingga tidak hanya sekedar pelatihan manajemen saja, tetapi ada tindak lanjutnya,” ungkap Yuli dilansir dari laman resmi Pemkab Purworejo.

Sementara itu, Kabid Promosi dan Kerjasama Dinparbud, Dyah Woro Setyaningsih, menyampaikan, bahwa sejalan dengan program Romansa wisata Purworejo 2020 atau tahun kunjungan wisata di Kabupaten Purworejo. Pemkab Purworejo terus berupaya mengembangkan pariwisata di wilayah Kabupaten Purworejo.

Pemkab Purworejo tidak hanya akan membangun infrastruktur pariwisatanya saja, namun juga dengan pengembangan SDM. Salah satunya dengan mengadakan program pelatihan manajemen wisata bagi Pokdarwis ini. “Dengan manajemen yang baik, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” pungkas Dyah.

Add Comment