Pemkab Purworejo Raih Penghargaan WTP 7 Kali Berturut-turut

Pemberian piagam kepada Pemkab Purworejo yang meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Selasa (19/11/2019). (Foto: Pemkab Puworejo)

Purworejo – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan tersebut didapat berkat Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Melalui hasil tersebut, kini Pemkab Purworejo telah meraih penghargaan WTP sebanyak 7 kali secara berturut-turut.

Penghargaan yang diperoleh diantaranya berupa plakat dan piagam yang diberikan oleh Menteri Keuangan. Pemberian penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah, kepada Bupati Purworejo, Agus Bastian, di Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Selasa (19/11/2019).

Bupati menyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas diraihnya plakat dan piagam WTP ini. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim manajemen Pemkab Purworejo, sehingga opini WTP tetap dapat dipertahankan.

“Ini adalah penghargaan yang ketujuh secara berturut-turut diraih Purworejo. Semoga opini WTP ini ditahun-tahun mendatang dapat terus kita pertahankan,” ujar Bupati dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Komitmen Tata Kelola Keuangan

Agus juga menambahkan, opini WTP yang diperoleh selama tujuh tahun berturut-turut tersebut menunjukkan bahwa Pemkab Purworejo sangat berkomitmen terhadap tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik.

Sementara itu dilansir dari laman resmi Pemkab Purworejo, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah, mengatakan plakat dan piagam ini diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Keberhasilan tersebut berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang baik hingga mendapat WTP sampai dengan 7 kali.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Kesepakatan itu berisi tentang sinergi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dalam bidang pemanfaatan data serta informasi. Tujuan dari kesepakatan itu adalah mewujudkan kerangka dasar yang menjadi acuan dalam kegiatan pemanfaatan bersama data dan informasi, serta agar dapat menjalin kerja sama yang lebih baik.

“Kedepan agar terjalin kerja sama yang baik antara pusat dan daerah terkait pengelolaan keuangan”, ujar Sulaimansyah.

Add Comment