Peserta Meningkat, Sebanyak 220 Stand Ramaikan Romansa Purworejo EXPO 2019

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng (kiri) dan Bupati Purworejo, Agus Bastian (kanan), ketika membuka secara resmi Romansa Purworejo EXPO 2019 pada pada Rabu, (30/11/2019), (Foto: Pemkab Puworejo)

Purworejo – Sebanyak 220 peserta yang menghadirkan berbagai macam stand produk unggulan dari Purworejo dan berbagai daerah, serta Instansi di Indonesia meramaikan Romansa Purworejo EXPO 2019. Expo yang digelar di Kawasan Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (30/11/2019), mengalami peningkatan jumlah peserta, dari tahun lalu hanya 170 peserta.

Expo dibuka secara resmi oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, bersama Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng. Agus mengungkapkan, peningkatan peserta menandakan bahwa UMKM di Purworejo terus berkembang.

“Dari jumlah persertanya meningkat dari tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa UMKM di Purworejo telah mampu mengambangkan diri dan usaha mereka. Dengan expo ini diharpakan mampu menjadi pemicu kemajuan UMKM di Purworejo sehingga kedepan semakin berkembang,” ujar Agus dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Agus juga menegaskan melalui expo, para peserta dapat saling mengedukasi dalam mengahadapi ketatnya revolusi industri 4.0. Menurutnya semua pelaku ekonomi dituntut bekerja keras untuk menghadapi persaingan dan lebih jeli dalam melihat peluang pasar yang ada, dengan memantapkan jaringan usaha dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, mengapresiasi Pemda Purworejo yang telah mengadakan expo tersebut. Ia mengatakan jika inovasi pemda dibidang penerimaan retribusi telah sangat memudahkan masyarakat. Menurutnya, masih banyak potensi yang bisa ditingkatkan dalam penerimaan elektronifikasi.

Ia juga berharao penerimaan asli daerah dapat meningkat, yang akan dimanfaatkan untuk pembangunan. Dengan adanya pembangunan, tentunya akan meningkatkan perekonomian lebih lanjut. “Saya percaya kedepan, pengembangan ekonomi purworejo kedepan cukup besar. Potensi pariwisata juga cukup besar jika terus dikembangkan. Ini harus kita manfaatkan,” ucap Sugeng.

Upaya Pemda Untuk Tingkatkan Ekonomi Daerah

Banyak hal dilakukan pemda dalam upaya meningkatkan perekonomin daerahnya. Salah satunya seperti yang dilakukan Pemda Purworejo. Diadakannya Romansa Purworejo EXPO 2019 selain sebagai ajang promosi UMKM dan produk unggulan dari Purworejo, juga sebagai upaya pemda untuk meningkatkan perekonomian Purworejo.

Bahkan, Bupati Purworejo, Agus Bastian, memaparkan bahwa expo yang dapat meningkatkan perekonomian daerah, dapat pula memberi dampak positif lain. Ia menyebutkan melalui expo tersebut, Puworejo berpotensi dikenal oleh dunia.

“Event ini juga bisa menjadi salah satu wahana pelestarian dan pengembangan seni budaya daerah, melalui pementasan seni budaya lokal maupun aneka produk lokal yang menjadi ciri khas Kabupaten Purworejo. Sehingga tidak hanya menarik pengunjung dari Kabupaten Purworejo, tetapi juga pengunjung dari luar daerah bahkan dari mancanegara,” imbuh Agus.

Pentingnya meningkatkan perekonomian daerah juga dijelaskan oleh Hapsari (2014), dalam artikel Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Ia memaparkan, pembangunan nasional dapat ditempuh dengan menggunakan paradigma pembangunan yaitu pemberdayaan. Salah satu upaya pemberdayaan tersebut yaitu melalui pemberdayaan UKM dan UMKM daerah. Ia menegaskan, diperlukan upaya dari pemda untuk memberdayakan ekonomi daerahnya. Salah satunya bisa dengan memberdayakan UKM dan UMKM daerah melalui even-even tertentu.

Add Comment