Ponpes Anwarul Falah Purworejo Bangun Rusun Guna Dukung Suasana Pembelajaran

Tasyakuran pembangunan rusun Pondok Pesantren (Ponpes) Anwarul Falah Yayasan Nuril Anwar di Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, pada Selasa (5/11/2019). (Foto: Pemkab Puworejo)

Banyuurip – Pondok Pesantren (Ponpes) Anwarul Falah Yayasan Nuril Anwar di Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo memulai pembangunan rusun guna hadirkan sarana yang memadai dan laik dalam proses pembelajaran. Dimulainya pembangunan ditandai dengan tasyakuran yang dilaksanakan di Ponpes Nuril Anwar Maron, Selasa (5/11/2019).

Pembangunan tersebut mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bupati Purworejo, Agus Bastian, turut menghadiri acara tasyakuran tersebut, berasama dengan Menteri PUPR yang diwakili Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR, Johny FS Subrata, Anggota DPR RI Komisi V Sujadi, Plt Dinperkimtan Purworejo Suranto, dan sejumlah pejabat pusat.

Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Johny FS Subrata mengatakan, melalui tasyakuran ini diharapkan pembangunan akan berjalan lancar.

“Syukuran ini dimaksudkan bahwa doa para kyai dan para santri terkabul. Karena dalam waktu dekat akan ada rusun asrama dalam ponpes. Hari ini sudah akan mengerjakan pondasi,” ungkap Johny dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Johny juga mengharapkan, melalui pembangunan itu dapat terbentuk santriwan dan santriwati yang berjati diri dan berkarakter kuat. Karena pembentukan karakter dimulai dari lingkungan rumah.

Pembangunan Diharapkan Tingkatkan Fokus Belajar Santri

Bupati Purworejo, Agus Bastian, dalam kesempatan itu mengungkapkan harapannya agar pembangunan tersebut bisa meningkatkan kenyamanan para santri. Tak lupa ia juga menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR, yang telah mengucurkan bantuan berupa pembangunan rumah susun santri kepada Ponpes Anwarul Falah Yayasan Nuril Anwar.

“Rusun ini adalah rusun pertama bantuan dari Kementerian PUPR yang diberikan ke ponpes di Purworejo. Kami berharap rusun ini nanti dapat dirawat. Nantinya setelah dibangun harapannya para santri tidak uyel-uyelan lagi,” ujar bupati.

Ia juga menambahkan, pembangunan rusun merupakan upaya pemerintah pusat dalam mengayomi seluruh masyarakat dan pesantren. Melalui hadirnya rusun, ia berharap para santri dapat meningkatkan fokus dalam belajar.

“Para santri diharapkan lebih baik dan fokus dalam belajar hingga selesai. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang akan diberikan lagi rusun bagi pondok pondok di purworejo,” tambahnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Nuril Anwar Maron KH R Abdul Hakim Chamid, berharap agar pembangunan rusun dapat bermanfat bagi santri.

“Hari ini sudah diagendakan pembangunannya. Dari kementerian hari sudah mengirim material dilokasi. Semoga Allah memudahkan segala urusan, semoga pembangunan berlangsung lancar tanpa hambatan dan nantinya dapat bermanfaat untuk santri dan pondok,” tegas Gus Hakim.

Add Comment