Purworejo Terpilih Jadi Pusat Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng

Rapat koordinasi guna menentukan pusat Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng di kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (4/11/2019). (Foto: Pemkab Puworejo)

Purworejo – Purworejo terpilih jadi pusat Upacara Hari Pahlawan tingkat Jawa Tengah. Upacara akan dilaksanakan di Desa Wareng, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, pada hari Minggu tanggal 10 November 2019 pukul 08.00 WIB. Lokasi upacara tepatnya berada di area Taman Makam Pahlawan Tentara Pelajar, yang ada di desa tersebut. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi di kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (4/11/2019).

Pada Upacara Hari Pahlawan itu, direncanakan Gubernur Jawa Tengah akan bertindak sebagai inspektur upacara, dengan cadangan Ketua DPRD Jawa Tengah. Sedangkan Pemimpin Upacara akan dipercayakan kepada Komandan Yonif MR 412/BES, dengan cadangan Komandan Batalyon Armed 3.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Anas Naryadi SH MM mengatakan, Pemkab Purworejo siap menjadi tempat palaksanaan Upacara Hari Pahlawan tahun 2019. Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif dan dukungan dalan peringatan Hari Pahlawan 10 Novembetr 2019. Yakni dengan ikut menggelorakan semangat perjuangan dan cinta NKRI.

Ia juga mengungkapkan, Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang dikenal memiliki banyak pahlawan dan tokoh nasional.

“Antara lain komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu WR Sopratman, yang lahir di Somongari Kaligesing. Ada juga Jenderal Oerip Soemohardjo, dan Jenderal anumerta Ahmad Yani yang merupakan pahlawan revolusi, serta mantan Jaksa Agung I Mr Kasman Singodimedjo. Selain itu juga masih banyak tokoh nasional seperti Letjen Sarwo Edhie Wibowo, Mr Wilopo, dr Tjitrowardojo dan sebagainya,” terang Anas dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Upacara Hari Pahlawan itu sendiri akan diikuti peserta yang berjumlah sekitar 1000 orang dari berbagai unsur, mulai dari TNI, Polri, OPD, BUMN/BUMD, veteran, pelajar, pramuka, organisasi kepemudaan dan sebagainya.

Upacara Dilakukan Guna Kenang Jasa Para Pahwalan

Dilansir dari Pedoman Pelaksanaan Hari Peringatan Pahlawan tahun 2019, Hari Pahlawan perlu diperingati karena pada tanggal tersebut rakyat dengan penuh semangat bersatu padu mengusir penjajah yang berniat menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan kiranya tidak hanya bersifat seremonial semata, namun yang paling penting adalah bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya. Apabila setiap insan memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengimplementasikan nilai kepahlawanan maka hal tersebut dapat menjadi salah satu modal untuk membangun bangsa.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 mengambil tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, dengan harapan agar tiap masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Add Comment