Pemkab Purworejo Tegaskan Pelayanan Kepada IDP Akan Sama

Konvoi kendaraan bermotor dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Disabilitas Purworejo Ke-8, pada Selasa (3/12/19). (Foto: Pemkab Puworejo)

Purworejo – Pemerintah Kabupaten Purworejo menegaskan kepedulian terhadap warga disabilitas yang tergabung dalam Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP). Kepedulian tersebut ditunjukkan dengan pemberian pelayanan publik, yang tidak akan dibedakan dengan masyarakat lainnya.

Pelayanan kepada IDP, tidak ada perbedaan apalagi diskriminasi. Semua masyarakat punya hak yang sama, sebagai warga negara.

Hal itu diungkapkan Ketua IDP Harnoto, disela-sela konvoi kendaraan bermotor dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Disabilitas Purworejo Ke-8, pada Selasa (3/12/19). Turut mendampingi sekretaris IDP Amat Mulyadi, dan pendamping IDP Erfina Cahya.

Lebih lanjut Harnoto mengatakan, IDP sangat berharap Purworejo bisa menjadi Kabupaten Inklusi yang ramah dengan disabilitas. Sehingga disabilitas dapat berperan dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Purworejo.

“Kami semua anggota IDP sangat berterimakasih kepada pihak yang telah memberikan kemudahan dan kelancaran pelayanan publik yang sama layaknya masyarakat pada umumnya. Kami merasakan betul di tahun 2019, telah banyak intansi/lembaga pemerintah/swasta yang ikut berkontribusi dalam membantu baik secara materi ataupun non materi,” ujarnya dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Kenalkan Difabel ke Masyarakat

Harnoto menambahkan, kegiatan konvoi IDP bertujuan untuk mengenalkan Difabel kepada seluruh masyarakat Purworejo, bahwa difabel ada dan berdaya. Artinya jangan dipandang sebelah mata, karena IDP merupakan bagian dari masyarakat.

“Konvoi dikendarai oleh seluruh anggota IDP dan pemerhati difabel, dengan pengawalan dari Patwal Satlantas Polres Purworejo,” ucapnya.

Sementara itu Amat Mulyadi mengatakan, dalam peringatan tahun ini selain konvoi, juga dilaksanakan berbagai kegiatan. Antara lain pentas seni jaran kepang yang dibawakan difabel di Sekretariat IDP, juga pentas tari lengger, dan acara puncaknya berupa sarasehan, serta Seminar yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Sedangkan Tema HUT IDP yakni Disabilitas Unggul untuk Purworejo Inklusif menuju Indonesia Inklusif. Jumlah anggota IDP se-Kabupaten Purworejo sekitar 250 orang. Masing-masing diberi pelatihan ketrampilan sesuai kemampuannya seperti budidaya lele, budidaya jamur, pengolahan snack ringan, kue, dan juga kerajinan pembuatan keset, sapu, dll.

Add Comment