Momen Hari Pers Nasional, Bupati Ajak Pers Angkat Kearifan Lokal

Bupati Purworejo dalam acara Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Purworejo Tahun 2020, yang digelar Pewarta Purworejo di Aula Hotel Ganesha, pada Rabu (12/2/2020) malam. (Foto: Pemkab Purworejo)

Kepatihan – Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengajak insan pers melalui media yang dimiliki untuk terus mengangkat kearifan lokal. Sehingga akan menumbuhkan kekuatan daerah dalam menggali potensi yang ada diwilayah untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati saat memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Purworejo Tahun 2020, yang digelar Pewarta Purworejo di Aula Hotel Ganesha, pada Rabu (12/2/2020) malam.

Bupati melanjutkan, jika tema dalam Hari Pers Nasional tahun 2020 telah sejalan dengan program Pemkab. Dimana, Pemkab terus berupaya memberdayakan masyarakat melalui kearifan lokal. Seperti kebijakan satu desa satu produk unggulan, potensi wisata, kesenian tradisional, dan pelestarian lingkungan.

“Saya mengajak pers untuk terus meneguhkan jati dirinya sebagai sumber informasi yang akurat bagi masyarakat, mengedukasi masyarakat, dan untuk tetap melakukan kontrol sosial untuk terus memberikan kritik-kritik yang membangun,” katanya dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Dikatakan Bupati, Pemda selalu memfasilitasi media dengan adanya Pers Room dengan fasilitasnya. Dirinya berharap pers makin mantap berkualitas dan menjunjung integritas. Pewarta Purworejo juga kedepan diharapkan semakin solid dan kompak.

Pers Juga Memiliki Fungsi Kontrol

Dilansir dari laman resmi Pemkab Purworejo, menurut bupati, pers merupakan mitra pemerintah yang selain berfungsi menyosialisasikan program dan kegiatan pemerintah, juga sekaligus melakukan fungsi kontrol.

“Mengkritik tidak masalah, saya berterimakasih sudah dikritik. Meski kadang pedas, saya mencoba introspeksi diri. Dengan kritik, artinya pers sayang dengan saya dan wakil, serta birokrasi di Purworejo,” pungkasnya.

Ketua panitia Marni Utamining mengungkapkan, dalam rangka peringatan HPN kali ini, Pewarta Purworejo telah melakukan baksos berupa foging dan lavarsida di Kecamatan Bener serta MTs Negeri 2 Bener. Para pewarta juga memberikan bantuan sarana ibadah di Masjid Nurul Huda, Kampung Brengkelan, Kelurahan Purworejo.

Selain itu, ujar Marni, pewarta juga mengadakan anjangsana kepada keluarga almarhum Syaeful Anwar Zein, wartawan Harian Berita Yudha, sebagai ucapan terima kasih atas jasa yang telah diberikan bagi dunia pers.

Resepsi HPN kali ini juga menampilkan Kilas Balik Perjalanan dan Perkembangan Pers Indonesia oleh wartawan senior Atas Sampurno Danusubroto yang merunut sejarah diperingatinya HPN. Pewarta juga menyerahkan santunan kepada enam anak yatim yang diserahkan oleh Ketua Pewarta Edi Suryana. Panitia juga memberikan penghargaan atas dedikasi seumur hidup kepada wartawan dan budayawan Atas Danusubroto. Penghargaan diserahkan oleh Bupati Purworejo.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati yang diserahkan kepada ketua panitia dan ketua pewarta Purworejo. Ketua Pewarta Purworejo Edi Suryana pada kesempatan itu menyampain ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak atas terselengaranya serluruh rangkaian kegiatan HPN Pewarta Purworejo tahun 2020.

“Kami menyadari dalam melaksanakan tugas, kami masih banyak kekurangan. Melalui forum ini, kami menympaikan permohonan maaf seraya mohon bimbingan semua pihak. Mudan-mudahan peringatan ini dapat memotivasi bagi pewarta dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar Edi.

 

Add Comment