Gebyar PAUD, Sarana Tumbuhkan Kreativitas Anak

Pelepasan balon yang menandai secara resmi Gebyar PAUD yang berlokasi di GOR Sarwo Edhi Wibowo, Rabu (4/3/2020) pagi. (Foto: Pemkab Purworejo)

Purworejo – Guna menumbuhkan kreativitas anak, Pemkab Purworejo mengadakan Gebyar PAUD. Pada kegiatan itu, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti dan Bunda PAUD Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari membuka secara resmi Gebyar PAUD yang berlokasi di GOR Sarwo Edhi Wibowo, Rabu (4/3/2020) pagi.

Pelepasan balon udara menandai dimulainya kegiatan, yang digabung dengan pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Pameran Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Purworejo itu.

Acara diikuti pelajar dari PAUD hingga SLTA ini berlangsung semarak dengan penampilan drumband, atraksi pencak silat, senam, katangkasan bola dan pertunjukan seni. Acara semakin semarak dengan hadirnya Ria Enes beserta boneka Susannya yang menghibur pengunjung.

Wakil Bupati Yuli Hastuti, saat memberikan sambutan mengatakan, PAUD merupakan upaya pembinaan yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan kepada anak sejak lahir sampai dengan berusia enam tahun.

PAUD  bertujuan  untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak, agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pentingnya PAUD

Wabup menekankan pentingnya PAUD, karena pada usia ini perkembangan fisik mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk. Sehingga disebut sebagai golden age (usia keemasan).

Pelaksanaan POPDA juga tidak kalah penting sebagai wadah pembinaan dan proses pembibitan para atlet, untuk mencetak para atlit berprestasi. Diharapkan melalui Popda ini, para siswa mampu memacu semangat untuk mejadi atlit olahraga berprestasi.

“Inilah saatnya bagi para pelajar SD dan SMP untuk mengharumkan nama diri kalian, nama harum sekolah dan nantinya akan membawa nama harum Kabupaten Purworejo, untuk berlaga ditingkat yang lebih tinggi,” kata Wabup kepada atlit POPDA, dalam laman resmi Pemkab Purworejo.

Wabup melanjutkan, pameran hasil kerajinan PNF, yang digelar menunjukkan kemampuan dalam mengolah bahan baku lokal yang ada di Kabupaten Purworejo. “Diharapkan peserta didik PNF akan terus memacu kreatifitasnya dalam menggali potensi,” imbuhnya.

Add Comment