Tinjau Kebersihan di Purworejo, Agus Bastian Gowes Susuri Sungai

Bagelen-Bupati Purworejo RH Agus Bastian bersama sejumlah pejabat bersepeda menyusuri Sungai Kedung Putri. (Foto: Pemkab Purworejo)

Bagelen-Bupati Purworejo RH Agus Bastian bersama sejumlah pejabat bersepeda menyusuri sungai Kedung Putri. Kegiatan gowes ini diawali pukul 08.30 WIB dari taman kota Geger Menjangan dilanjutkan menyusuri sungai kedung putri melewati belakang pasar Baledono, Pandekluwih, Garnisun, Sindurjan sembari meninjau di beberapa pintu air dan akhirnya finish di UPT Pengairan.

Dalam kesempatan itu ia menghimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan sungai, mengingat pentingnya fungsi sungai.

“Kebiasaan masyarakat yang melakukan mandi, mencuci, membuang sampah dan limbah serta buang air besar di sungai tentunya saya harap agar bisa dihilangkan kebiasaan itu. Ini untuk menjaga agar sungai kedung putri ini bersih, lingkungan menjadi sehat dan sungai dapat berfungsi sebagaimana mestinya,” harapnya.

Di sela perjalanan, rombongan juga sempat berhenti di pintu air guna memastikan kesiapan peralatan dan kesiagaan para petugasnya. Apalagi pada musim penghujan seperti ini, agar semua peralatan maupun petugas selalu siap dan siaga.

Agus Bastianpun tak lupa menemui petugas dari Balai Pengairan yang sedang survey lokasi sungai terkait dengan rencana normalisasi sungai Kedung Putri.

“Sungai Kedung Putri ini memang akan segera dinormalisasi, dimana pihak Pemerintah Daerah sudah melakukan koordinasi dengan Balai Pengairan dan terus kita dorong agar dapat segera terealisasi,” ungkapnya.

Sudah Sesuai Proses

Sementara Kepala Dinas PUPR Suranto membenarkan bahwa normalisasi dan rehab sungai Kedung Putri memang sudah dikoordinasikan dengan Balai Pengairan dan sudah mulai proses awalnya.

“Kedung Putri ini berada dalam wilayah tugas Balai Pengairan, ini sudah kita koordinasikan lama. Nah tadi kita juga menjumpai ada petugas survey, ya itu salah satu proses awalnya,” katanya.

Suranto juga menambahkan bahwa normalisasi ini meliputi pengerukan dan rehab dinding sungai.

“Sungai Kedung Putri yang melintas di Kabupaten Purworejo ini nantinya akan dinormalisasi. Yaitu pengerukan sedimentasi dan rehabilitasi dinding sungai sepanjang 9,3 km, yang mudah-mudahan bisa terselesaikan tahaun 2022,” pungkasnya.

Add Comment